Rabu, 22 Juli 2020

Ubah Tulisan Harian & PTK jadi Buku

Materi yang disampaikan oleh Bapak Lukman Hakim, biasanya dipanggil Cak Lukman adalah Mengubah PTK menjadi Buku. 
Lukman Hakim
P3G Jawa Timur
Penerbit Delta Pustaka
Blogger: kelaskuonline.id
Vlogger: kelasku online

Mendedikasikan diri pada pengembangan diri guru, mulai dari pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Memiliki lembaga Pusat Pengembangan Profesi Guru Jawa Timur  (Wadah Pelatihan Pengembangan Diri) dan Penerbit Delta Pustaka serta Jurnal Inovasi Pembelajaran (Wadah PI dan KI). Berbagai Pelatihan yang telah dilakukan, salah satunya adalah Pelatihan PTK yang didesain mulai dari awal sampai menjadi buku. PTK diubah menjadi buku refrensi/buku pendidikan.

 Selain itu, ada Pelatihan yang disebut dengan Quick Writing Series.QWS ini menulis santai tentang catatan harian guru. Mulai dari 2-6 halaman. Taglinenya 1 hari 1 buku antologi. QWS pertama telah selesai dan menghasilakn 14 buku selama 14 hari.

Namun saat ini terhenti karena masa pandemi. Tak terhenti karena pandemi, dilanjutkan dengan Pelatihan Modul Terintegrasi Youtube. Setiap karya tentu saja berasal dari berbagai motivasi. Berawal dari penggunaan LKS sebagai salah satu bahan ajar yang kurang mendukung untuk digunakan sehingga menimbulkan motivasi untuk menerbitkan buku sendiri yang diterbitkan sendiri.

Apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual? 
Jika ditulis dengan bahasa yang sederhana dan pendek (2-6 halaman A5) dan menginspirasi maka akan sangat layak jual. Tentuk ini masalah PD atau tidaknya penulis. Tetapi sejauh ini beliau belum pernah menjual bukunya, hanya suka membagikan atau bayar seikhlasnya.

Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai?  Justru itu akan sangat bervariasi ceritanya. dan itu tidak ada masalah. 



7 komentar: