Minggu, 14 Juni 2020

Kisah seorang Guru sukses Ngeblog di WordPres

"Lebih baik terlambat dari pada  tidak sama sekali" demikianlah caraku menghibur bahkan menyemangati diri sendiri😀 Materi yang saya tulis saat ini adalah materi yang disampaikan oleh Bapak Bambang Pruwanto (Mr.Bams) pada hari Jumat, 12 Juni 2020 kemarin. Tapi  karena kegabutan saya, ya begini nih hasilnya. Ikut kuliah? tentu saja ikut dan mengikuti dengan baik. Mengapa tidak resume materi  saat kuliah berlangsung? Karena saya kuliah sekaligus sambil telponan (VC) dan ngebahas materi kuliah ini sama dia😂walaupun saya ngobrolin materi, ceritain kisah-kisah penulis hebat yang lain tapi nggak nyambung😅

Suatu saat, tulisan inil mungkin yang akan menjadi saksi antara aku dan dia sebagai pejuang LDR. Lagi kuliah online namun tetap bela-belain sambil nelpon😍 tak apa, kadang kita perlu menyelam sambil minum air...asal jangan tenggelam aja😆

   Kembali ke topik materi yang saya dapat dan  mau saya bagikan di blog ini, Materi yang disampaikan Mr.Bams sebagai penulis sukses di WordPres, yuk kita simak sama-sama...👀

                                                                   ***

Karena judulnya adalah kisah, maka beliau menjelaskan tentang kisah yang dialami, beliau mengatakan:

"Saya dilahirkan sebagai orang yang kurang berani. Maka Allah mengantarkan teman didalam perut ibu , jadi saya tidak sendirian. Kami lahir normal, saat mau keluar saya bermain hompimpah siapa yang keluar duluan. Saya pun memainkan kedua tanganku sehingga saya menjadi kalah."

"Saya dorong agar kakak peremupanku bisa keluar duluan.....maka keluarlah duluan. Kini saya sendirian, tanganku, kusimpan rapat seperti orang mau sholat, ternyata kakiku yang keluar duluan. Saya pun lahir bersama tangisan bahagia.... Itulah kisah saat lahir kemuka bumi ini."

"Malam ini saya bercerita sebagai Guru. Perjalanan panjang menjadi seorang guru. Saya masih ingat saat mau lulus SMA tahun 1992 saya main ke daerah LEdeng Bandung, tempat IKIP berasa (saat ini) UPI. Saya daftar ke PGSD tahun 1992 akan tetapi ternyata saya tidak masuk, malah temanku yang ikut-ikutan, masuk PGSD. Ya itulah perjalanan kehidupan ini. Keluar SMA saya tidak melanjutkan, saya ikut kursus Komputer di Bandung selama 3 bulan, setiap hari. Sebelum lulus dari tempat kursus Komputer pun saya sudah bekerja disebuah Konsultan."

1992 - 2000 : Konsultan

2001 - 2004 : Kemfood (milik Bob Sadino)

2004 - 2008 : Pendongeng Keliling

2004 - 2008 : Konsultan Pelatihan

2008 - sekarang : Guru SMP Taruna Bakti

Itulah perjalanan hidup Mr. Bams, sungguh luar biasa. Membuat para peserta termotivasi dan semakin antusias untuk mengetahui kisah Mr. Bams ngeblog hingga sekarang. 

Kapan mulai buat Blog ?

Saat beliau di SMP Taruna Bakti diterima tahun 2008, tahun 2009 beliau selain guru diminta membimbing ekskul. Beliau membimbing ekskul blog, tetapi pakai multipy yang berkembang pada saat itu.

Kenapa Ngeblog ?

Beliau ngeblog karena beliau senang dunia menulis, selain itu karena sejak tahun 2003 beliau adalah pendongeng juga. Maka sebagai sumber mendongeng harus banyak membaca buku. Tahun 2011 beliau membuat Taman Baca di rumah sendiri, dan sejak tahun 2012 taman baca sudah mandiri, sehingga mereka sekeluarga pindah ngak jauh dari Taman Baca.

Pegiat Literasi

Label pegiat literasi nempel, sejak tahun 2011 beliau sudah kenal dengan Gol A Gong, penulis hebat Balada si Roy. Beliau juga pendiri Rumah Dunia. Rumah Dunia adalah taman bacaan yang keren. Disekolah pun sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah , membaca lima belas menit. Beliau sangat senang membaca. Kegiatan yang berhubungan literasi disekolah selalu mendapat jatah untuk terlibat.

Prestasi tertinggi di sekolah :

Saat SMP Taruna Bakti tahun 2019 mendapatkan Juara Literasi Katagori Utama mengalahkan sekolah negeri yang favorit. Saat itu beliau sebagai Ketua Tim Literasi. Selain sekolah, beliau pun mendapat Anugerah Penggiat Literasi Dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. Tahun 2019 pun beliau mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih 2019, hanya saja masuk 6 besar. Mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur.

Tujuan Membuat Blog ala Mr. Bams :

1. Malu sebagai guru TIK ngak punya blog

2. Malu sebagai penggiat literasi ngak punya blog

3. Berbagi pengalaman

4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)

5. Menghasilkan rupiah

Kita liat buku hasil ngebolgnya Mr.Bams...ini dia 👇 

Apa saja sih isi dari blog saran dari Mr.Bams:

1. Isilah yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. Senang menulis puisi tulislah puisi

2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi. Beliau sedang mengembangkan sebuah blog yang mendukung kegiatan. Seperti yang dilakukan bersama Omjay. Omjay merasa bahagia saat daftar hadir sudah direkap. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir, tanpa harus mencari chat di grup WA.

Kalimat emas dari Mr.Bams, "lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukanlah. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya. Bermodal mau maka akan menjadi bisa".

Kesimpulan materi dari Mr.Bams:

1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.

2. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya.

3. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.

4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan

Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jamaan.

                                                            ****

Terimakasih Mr.Bams.....sudah berbagi kisah sebagai penulis, sukses terus...and God Blesss👏👏

 


21 komentar:

  1. Balasan
    1. Siappp..... mkasih hasian🤗🤗🥰🥰

      Hapus
  2. Super lengkap...salam literasi😊

    BalasHapus
  3. Bisa dimengerti tulisan tentang si kembar yang mahir menulis MR Bams, mantap.

    BalasHapus
  4. Mari belaajr kerendahan hati degan mr bams

    BalasHapus
  5. Kita punya gaysgaya nulis berbeda, tapi pada kelas menulis yang sama. Mari sukses bersama, keren bu.

    BalasHapus
  6. Baikkk...siap bu siti, trimkasih🤗🥰

    BalasHapus