Jumat, 03 Juli 2020

6 Kunci Penting Untuk Produktif Menulis

Tidak terasa waktu yang sudah kami lalui selama belajar bareng Om Jay di grub Belajar Menulis udah hampir 1 bulan, dan tepat malam ini kuliah on line pertemuan ke-15. Bersyukur sekali punya teman-teman baru yang  semangat dan motivasi menulisnya luar biasa. Biasanya Kuliah dipimpin Ibu Fatimah dari Aceh sebagai moderatornya, tapi kali ini di pimpin oleh Ibu Sri Sugiastuti. Saya sempat bertanya dalam hati, bu Fatimah keman ya, apa mungkin ada kegiatan atau apa ya? Tapi apa pun itu, saya hanya berharap beliau sehat-sehat saja. Begitu juga dengan Om Jay, kemarin sempat baca di WA grub teman-teman menyampaikan kata-kata semangat buat beliau, memang saya tidak scroll ke atas percakapan di WA tersebut. Namun doa singkat yang saya bisa panjatkan, saya doakan beliau dan semua teman-temansehat dan diberkati. 

Materi malam ini adalah tentang Produktif Menulis yang dibawakan oleh Bapak Dr.Ngainum Naim salah satu dosen IAIN Tulungagung. Paparan yang beliau sampaikan mengawali topik materi kuliah malam ini, Guru adalah kunci penting dalam dunia pendidikan. Jika guru berkualitas, besar kemungkinan kelas yang diajarnya juga berkualitas. Tapi jika gurunya kurang berkualitas, tentu hasil pembelajarannya juga kurang sesuai dengan harapan. Salah satu kunci penting peningkatan kualitas guru adalah dengan membangun budaya literasi. Literasi berarti budaya membaca dan menulis. Seorang guru yang mau terus membaca buku dan menulis memiliki peluang untuk semakin meningkat kualitas dirinya. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin banyak karya yang dihasilkan, maka akan memiliki kontribusi penting bagi kemajuan pendidikan.

Tentu saja hal ini disampaikan untuk mengingatkan kembali kepada kami semua anggota gru yang sebagian besar adalah guru.  Pada pertemuan kali ini beliau menyampaikan
  KUNCI-KUNCI PENTING DALAM MENULIS.
1. Motivasi, bisa berupa:
*Motivasi karir yang menjadikan Menulis merupakan aktivitas yang berkaitan erat dengan profesi. Implikasinya, semakin mahir menulis maka semakin lancar karir yang kita tempuh.
*Motivasi Materi, tentu saja menulis menghasilkan honor. Bagi penulis terkenal, honor memang sangat berlimpah. Bukunya akan terus dicetak ulang. Namun jumlah mereka yang beruntung dari sini tidak terlalu banyak, sebagian besar penulis justru kurang mendapatkan perhatian dari sisi materi.
*Motivasi Politik, Menulis ditujukan untuk mencapai tujuan politik tertentu.
*Motivasi Cinta, Menulis karena memang mencintai aktivitas menulis
Berbagai macam motivasi, setiap orang mungkin memiliki motivasinya masing-masing, yang perlu kita ketahui adalah motivasi yang kita miliki akan mempengaruhi terhadap tulisan atau buku yang akan dihasilkan.
2. Meyakini bahwa MENULIS ITU ANUGERAH
Banyak orang yang mau menulis namun tidak mampu mengerjakan, mungkin karena sibuk atau sejuta alasan yang lain, namun jika kita menyakini menulis ini adalah anugerah maka kita akan mensyukurinya dengan cara terus menulis.
3. MENULIS ITU MEMBERIKAN BANYAK “KEAJAIBAN” DALAM HIDUP
Menyimak kembali pengalaman Om Jay sebagai Penulis Buku, Blogger, dan Youtuber. 
* Mendapatkan banyak materi. Karena rajin menulis, bukunya mendapatkan banyak royaliti.
* Sering diundang sebagai pembicara di berbagai forum.
*Memiliki banyak teman.
* Bisa membeli peralatan yang dibutuhkan dalam kehidupan.
*Tulisan adalah alat perekam kehidupan yang ajaib.
4.Tidak Mudah Menyerah
Menulis 5 Pargaraf setiap hari jauh lebih baik daripada menulis 10 Halaman 1 kali dalam 3 bulan, artinya kita harus melatih diri dari hal-hal kecil untuk membiasakan diri sendiri konsisten.
5. BERJEJARING
Jadi Seorang penulis tidak boleh menepi tetapi kita harus tetap berinteraksi membangun jejaring kepenulisan.
6. Menulis Sebanyak-banyaknya
Menulis setiap hari tanpa henti. Melakukannya secara terus menerus. Jika merasa tulisan kurang baik dengan menulis setiap hari tulisan akan otomatis menajadi baik.
Demikian 6 kunci-kunci penting dalam menulis yang beliau sampaikan. 

Pertanyaan-pertanyaan dari teman-temanpun mulai bermunculan. Saya yakin pertanyaan-pertanyaan ini semuanya menarik, yuk kita cek jawaban dari Bapak Naim untuk semua pertanyaa yang diajukan oleh teman-teman saya yang hebat😉
#Kriteria tulisan yang baik dan berkualitas adalah: 1) Selesai Ditulis, 2) Minim salah ketik atau salah teknis, 3) Bahasa Menarik dan didukung oleh logika berpikir yang baik. Jika ingin diterima penerbit, ikuti gaya dan kebijakan penerbit.
#Tips agar konsisten menulis dan produktif: Semuanya berawal dari kebiasaaan walaupun awalnya dipaksa, Bangun komitmen untuk rutin menulis, Seharusnya memiliki jadwal yang seharusnya disusun dan ditaati.

Kesimpulan dari materi kuliah malam ini adalah Produktif Menulis dengan Motivasi yang kuat dari diri sendiri. Meyakini kesempatan menulis ini adalah sebuah anugrah, Maka syukurilah dengan terus dan terus menulis, Jangan mudah menyerah, Jalinlah komunikasi yang baik dengan sesama teman penulis dan menulislah sebanyak-banyaknya.


35 komentar:

  1. Bagus banget...
    Kunjungi saya juga di http://maseko1275.blogspot.com/2020/07/kunci-produktif-menulis.html

    BalasHapus
  2. keren.
    http://elanjaelanialfatih.blogspot.com/2020/07/resume-kuliahelanpertemuan-ke-153-juli.html

    bapak/ibu d persilahkan mampir.
    smg brmnfaat.

    BalasHapus
  3. mantap..saya suka kesimpulannya

    BalasHapus
  4. Keren..semangat terus jangan mudah menyerah

    BalasHapus
  5. Jgn lupa juga kunjungi aisah1969.blogspot.com

    BalasHapus